Jumat, 10 Maret 2023

PANDUAN PENGGUNAAN GOOGLE FORM TERBARU 2023

 Tahukah Anda Apa itu Google Form ? Apa saja Manfaatnya ?

Google form adalah suatu bentuk formulir online yang berguna untuk berbagai macam hal, mulai dari pengumpulan data hingga perencanaan acara. 

Salah satu manfaat Google Form dari Pelatihan IKM ini kita akan membuat Soal Asesmen Madrasah Berbasis Google Form.

Mari kita simak langkah-langkah Pembuatan Soal dengan google Form :

A. Mengakses Google Form

1. Membuka peramban pilihan Anda
Google Formulir dapat diakses melalui Google Drive; setiap Google Formulir yang dibuat akan tetap berada di Google Drive. Dapat diakses melalui Google Chrome, Internet Explorer atau Mozilla Firefox.

2. Masuk ke akun Gmail Anda.
Untuk hasil terbaik, lakukan langkah ini di komputer. Anda harus memasukkan alamat surel dan kata sandi jika belum, masuk ke akun Anda
3.Klik menu aplikasi Google. 
Menu ini berupa kotak sembilan titik di pojok kanan atas layar, di sebelah kiri gambar akun Gmail Anda.
4. Klik pilihan “Drive”.
Langkah ini akan membuka akun Google Drive Anda.

5. Klik tombol “Baru”.
Tombol ini ada di sisi kiri atas halaman Drive Anda, tepat di atas opsi “Drive Saya”.


6. Klik pilihan "Folder Baru"

7. Kemudian Buat Judul untuk Nama Folder 
Misalnya : Kita beri nama folder "ASESMEN MADRASAH"

8. Maka akan tampil Folder  "ASESMEN MADRASAH" seperti ini
9. Klik Folder "ASESMEN MADRASAH" 
Jika sudah terbuka akan tampil seperti ini

10. Kemudian klik tombol "Baru" dan pilih "Google Formulir"
B. Merancang Google Form

1. Tentukan judul formulir.
Opsi ini ada di bagian atas layar; Anda harus mengeklik teks “Formulir tanpa judul” atau “Judul Formulir” untuk mengetik di kolom ini.
  Tampilan Sebelum Diubah
Tampilan Sesudah diubah 
2. Agar tidak membosankan Ubah warna formulir.
Anda bisa melakukan ini dengan mengeklik ikon palet cat di sebelah kiri tombol “Kirim”, lalu memilih warna dari menu tarik-turun. Atau, klik ikon gambar di sebelah warna untuk mendapatkan tema yang bagus untuk digunakan alih-alih warna tertentu.

3. Tambahkan Header Form
Header form berisikan Kop Soal Asesmen
Ukuran header tinggi 10,58 cm dan lebar 42,33 cm
Untuk mengatur gambar header menggunakan aplikasi bawaan laptop yaitu paint dan snipping tools

4. Tambahkan deskripsi pada formulir
Responden Anda akan dapat melihat deskripsi ini di bawah judul formulir.
Masukkan informasi ini langsung di bawah kolom judul.
Misalnya isi dengan :
Petunjuk Umum
1. Tulislah lebih dahulu data ((nama, nomor kode sekolah, nomor kode peserta, mata pelajaran dan jurusan/program)
        anda pada lembaran identitas yang tersedia
2. Periksa dan bacalah setiap soal dengan saksama sebelum menjawab.
3. Laporkan kepada pengawas ujian kalau ada soal yang tidak jelas atau jumlah soal kurang.
4.    Jumlah soal pilihan ganda seluruhnya 40 soal dan soal uraian seluruhnya 5 soal.
5. Selesaikan soal-soal pada halaman pertama terlebih dahulu, baru anda dapat mengakses halaman dua,
       dan halaman tiga baru bisa diakses setelah selesai mengerjakan soal pada halaman 2 dan seterusnya.
6. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar .
7. Untuk soal uraian, jawablah setiap pertanyaan dengan jelas dan benar.
8. Periksalah pekerjaan Anda sebelum dikirim ke operator madrasah

SELAMAT BEKERJA



5. Tambahkan Form Pertanyaan Untuk Mengisi :
Nama Lengkap Peserta Didik
Jenis Kelamin
Nomor Peserta Ujian
Ruang Ujian
Kelas
Tanggal Ujian
DLL

6. Masukkan Token atau Password Ujian
Token atau Password Ujian adalah suatu kode rahasia yang dibuat agar siswa tidak memulai mengerjakan soal dengan bebas, sehingga harus menunggu pengawas membagikan kode tersebut maka siswa baru dapat mengerjakan soal bersama-sama

Menggunakan section 2 : Berfungsi sebagai pembatas antar slide 

7. Tambahkan pertanyaan pada formulir.
Pertanyaan adalah dasar pengumpulan data; pengguna akan menjawab pertanyaan ini dengan gaya apa pun yang Anda tampilkan. Untuk menambahkan pertanyaan:
  • Klik ikon “+” di menu sebelah kanan.
  • Ketik teks pertanyaan Anda pada kolom “Pertanyaan”.
  • Ganti teks “Opsi 1” dengan sebuah jawaban.
  • Ketuk tombol “Wajib diisi” di pojok kanan bawah untuk pertanyaan yang wajib diisi
8. Pilih jenis pertanyaan
Anda memiliki beberapa cara untuk menampilkan pertanyaan. Untuk mengubah jenis pertanyaan Anda Klik di mana pun pada kartu pertanyaan.
  • Klik menu tarik-turun di sebelah kanan teks pertanyaan.
  • Pilih “Pilihan Ganda”, “Kotak Centang”, atau “Tarik-Turun “. Anda juga bisa memilih jawaban yang lebih panjang seperti “Jawaban singkat” atau “Paragraf”.

PILIHAN GANDA
Berikut ini beberapa contoh model soal pilihan ganda untuk digunakan dalam google form







PILIHAN GANDA KOMPLEKS (KLIK DISINI)
1. jawaban lebih dari satu (menggunakan pilihan ganda)
  • Klik dua jawaban benar
  • Beri Skor jawaban benar
  • ketuk tombol "wajib diisi"

2. jawaban lebih dari satu (menggunakan petak kotak centang)

  • Isi Baris untuk pilihan jawaban
  • Isi Kolom dengan judul jawaban
  • Centang kunci jawaban yang benar
  • Jangan Centang "Perlu 1 Jawaban di setiap baris
  • Beri skor jawaban benar
3. Benar Salah 1 Pernyataan (menggunakan petak kotak centang)
  • Isi Baris untuk 1 pernyataan 
  • Isi Kolom dengan benar dan salah
  • Centang kunci yang benar
  • Beri Skor jawaban yang benar

4. Benar Salah lebih dari 1 Pernyataan
  • Isi Baris untuk lebih 1 pernyataan 
  • Isi Kolom dengan benar dan salah
  • Centang kunci yang benar
  • Beri Skor jawaban yang benar
SOAL MENJODOHKAN (menggunakan petak kotak centang)
  • isi Baris lebih dari 1 pernyataan
  • Isi Kolom dengan pasangan yang tepat 
  • Acak jawaban pada isian kolom
  • Beri Skor Jawaban

9. Susun ulang kartu pertanyaan Anda jika perlu
Anda bisa melakukan ini dengan mengeklik kotak enam titik di bagian atas kartu, lalu menyeretnya ke atas atau ke bawah dan melepaskannya di lokasi baru.

10. Tinjau pilihan kartu pertanyaan Anda yang lain
Anda dapat melakukan beberapa tindakan berbeda pada kartu pertanyaan Anda:
  • Klik tombol “Duplikat” (dua kartu bertumpang tindih) untuk menduplikasi kartu pertanyaan Anda saat ini.
  • Klik ikon tempat sampah untuk menghapus kartu pertanyaan Anda saat ini.
  • Klik ikon potret di samping sebuah jawaban. Langkah ini memungkinkan Anda menambahkan foto; Anda harus menempatkan kursor pada pertanyaan agar opsi ini muncul.
11. Tinjau menu opsi tambahan 
Anda dapat melakukan langkah ini dengan mengeklik tiga titik vertikal di pojok kanan bawah kartu pertanyaan Anda saat ini:
  • “Deskripsi” – Tambahkan deskripsi penjelasan pada kartu pertanyaan Anda.
  • “Buka bagian berdasarkan jawaban” – Tautkan kartu pertanyaan yang berbeda dengan jawaban yang berbeda. Anda akan melakukan ini dari menu tarik-turun di sebelah setiap jawaban pada kartu.
  • “Acak urutan opsi” – Acak jawaban untuk kartu Anda saat ini.
12. Klik pilihan “Pratinjau” untuk mengoreksi Formulir Anda 
Opsi ini adalah ikon berbentuk mata pada bilah alat di kanan atas layar. Setelah selesai memeriksa Formulir dan memastikan seluruh formatnya benar, Anda siap membagikan Formulir.

C. Mengirim Google Form
  1. Tinjau pengaturan dasar formulir Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengeklik ikon roda gigi di sudut kanan atas layar. Menu pengaturan formulir Anda meliputi kriteria berikut ini:
    • “Perlu Masuk” – Mengharuskan responden masuk ke akun Google daripada menjadi anonim. Klik “Batasi ke 1 tanggapan” untuk mengaktifkan fitur ini.
    • “Responden dapat …” – “Edit setelah mengirimkan” dan “Lihat diagram ringkasan dan respons teks” adalah opsi Anda di sini. Opsi ini memungkinkan responden mengubah jawaban dan melihat hasil formulir setelah mengirimkan.

      2. Tinjau pengaturan presentasi Anda. Opsi ini juga ada di menu pengaturan; beralihlah dari opsi “Umum” ke “Presentasi” dengan mengeklik opsi yang ada di bagian atas jendela pengaturan.

  • “Aktifkan bilah kemajuan” – Menampilkan metrik yang memberi tahu responden sejauh mana kemajuan mereka dalam melengkapi formulir.
  • “Acak urutan pertanyaan” – Memvariasikan urutan pertanyaan dari satu pengguna ke pengguna lain.
  • “Tampilkan link untuk menyerahkan tanggapan lain” – Membuat tautan untuk melengkapi kembali formulir. Langkah ini sangat ideal untuk formulir penagihan.
  • “Pesan konfirmasi” – Ubahsuaikan pesan penyelesaian formulir Anda dengan mengetikkan pesan pilihan Anda pada kolom di bawah teks ini.

 

     3. Klik tombol “Kirim”. Tombol ini ada di pojok kanan atas layar; mengeklik “Kirim” akan memunculkan menu “Kirim formulir” dengan beberapa opsi berbagi yang dapat Anda ubah dari bagian atas jendela.

    4.Tinjau opsi berbagi Anda. Bergantung pada tujuan pembuatan formulir, opsi pilihan Anda akan bervariasi:

  • Email – Pilih opsi ini untuk mengirim surel ke kontak Anda langsung dari situs Formulir.
  • Tautan – Pilih opsi ini untuk mendapatkan tautan yang bisa disalin-tempel.
  • Sematan HTML – Hanya gunakan opsi ini jika Anda menempatkan formulir ini langsung di situs Anda.
  • Google+, Facebook, atau Twitter – Ini opsi berbagi cepat di pojok kanan atas menu “Kirim Formulir” Anda.

 

 

    5. Kirim formulir Anda menggunakan layanan yang Anda pilih. Oleh karena Anda memiliki beberapa pilihan berbeda untuk melakukannya, prosesnya akan berbeda pula:

  • Email – Tambahkan kontak pada kolom “Ke”, judul formulir pada kolom “Subjek”, dan pesan singkat pada kolom “Pesan”. Klik opsi “Sertakan formulir di dalam email” untuk menyertakan formulir Anda langsung di dalam surel.
  • Tautan – Klik kanan (atau klik dua jari) kolom tautan dan pilih “Salin”. Anda kemudian dapat menempelkan tautan ini dalam surel atau di situs media sosial pilihan Anda.
  • Sematan – Klik kanan (atau klik dua jari) kolom HTML dan pilih “Salin”. Anda kemudian dapat menempelkan teks ini ke dalam pemroses HTML situs web Anda. Perhatikan bahwa Anda dapat mengedit ukuran lebar dan tinggi formulir dari sini.

 

    6.Klik “Kirim” jika Anda menggunakan surel. Langkah ini akan membagikan formulir Anda ke semua orang dalam daftar kontak formulir!

  • Untuk membagikan formulir melalui tautan, Anda perlu mengirim tautan secara manual di situs media sosial atau dalam surel.




0 komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MTs NEGERI 1 SAMBAS